Cara Membuat Denah Lokasi di CorelDRAW

Membuat Denah Lokasi di CorelDRAW Pada tutorial ini saya ingin menuliskan tentang pembuatan Denah Lokasi di CorelDRAW.

Peta atau Denah lokasi berfungsi sebagai penunjuk jalan ke arah lokasi yang dituju. Denah lokasi biasa ditemukan pada surat/kartu undangan.




Bagaimana Cara Membuat Peta atau Denah Lokasi pada CorelDRAW?

  1. Langkah pertama yaitu buatlah Alur jalan sesuai keinginan anda dengan menggunakan alat yang ada pada Toolbox, seperti; Bezier, Pen, ataupun Freehand (pilih tool yang menurut anda paling mudah untuk digunakan untuk menggambar).
    Alur Jalan

  2. Jika sudah, seleksi semua garis/alur jalan (Ctrl+A), setelah itu tekan F12, lalu atur Width dengan mengubah angkanya sesuai dengan keinginan anda. Klik OK. Lihat gambar di bawah ini:
    outline pen

  3. Seleksi lagi semua garis (Ctrl+A), maka pada Property Bar akan muncul Menu Shaping, lalu pilih Weld.
    weld
  4. Setelah itu klik garis/alur jalan tersebut lalu pada Menu Bar, pilih Arrange > Convert Outline to Object (Ctrl+Shift+Q) fungsinya yaitu untuk merubah garis/outline ke bentuk objek kurva. Kemudian beri Fill Color dengan warna Putih dan Outline berwarna Hitam. Lihat gambar di berikut:
    convert outline to object
  5. Lalu buatlah teks untuk memberi nama tempat atau jalan. 
    nama tempat jalan
  6. Selanjutnya buatlah tanda panah pada jalan untuk mengarahkan ke lokasi yang dituju. Tekan F12 pada keyboard lalu atur Width dan Arrows, lalu buat garis dengan menggunakan Pen atau Bezier tool. Copy-Paste untuk memperbanyak tanda panahnya.
    tanda arah panah jalan
  7. Buatlah ikon tempat (rumah, gedung, dsb). Pada menu bar pilih TextInsert Symbol Character (Ctrl+11) lalu pilih jenis font Webdings, maka akan muncul berbagai macam ikon, pilih ikon tersebut lalu klik dan drag ke lembar kerja coreldraw.
    webdings
  8. Sekarang buatlah tanda penunjuk lokasi dengan cara yang sama seperti di atas tetapi menggunakan jenis font Wingdings.
    wingdings
  9. Terakhir, aturlah sesuai keinginan anda. Hasilnya seperti ini...
    petah denah lokasi undangan
Selamat Berkarya dengan CorelDRAW :)