Cara Menggunakan Attributes Eyedropper tool di CorelDRAW

Attributes Eyedropper tool di CorelDRAWPada postingan sebelumnya saya juga menuliskan tentang tool yang termasuk Eyedropper yaitu Color Eyedropper tool. Nah, pada postingan ini saya ingin menuliskan pengertian serta penggunaan dasar Attributes Eyedropper tool.

Attributes Eyedropper (Object Attributes) adalah sebuah alat yang digunakan untuk copy atau menyalin atribut yang ada pada objek, seperti; Outline, Jenis font, Warna (fill), dan berbagai effects seperti; Drop Shadow, Powerclip, Distortion, Envelope, Blend, dan masih banyak lagi...

Setelah atribut yang ada pada objek tersebut di salin menggunakan Attributes Eyedropper (Object Attributes) tool, lalu diterapkan pada objek lainnya dengan menggunakan Paint Bucket tool.

Bagaimana Cara Menggunakan Attributes Eyedropper yang ada pada CorelDRAW?

Tutorial di bawah menggunakan CorelDRAW versi X4, jika anda pengguna CorelDRAW versi X5 atau X6. Attributes Eyedropper tool akan langsung berada pada toolbox CorelDRAW. Lihat gambar di bawah ini:
Attributes Eyedropper tool di CorelDRAW X5

1. Sebagai contoh dasar, disini saya membuat teks "Motif" dan "Web" dengan gaya yang berbeda. Teks "Motif" diberi jenis font (Bauhaus 93), warna (Navy Blue), Outline (Kuning), dan Drop Shadow (Biru). Sementara teks "Web" hanya diberikan jenis font Arial.

Teks motif web

2. Selanjutnya, klik Eyedropper tool pada toolbox, lalu pada property bar pilih Object Attributes. Perhatikan gambar di bawah ini:

object attributes di coreldraw

3. Masih pada propery bar, kemudian klik Effects, lalu beri tanda centang semua effects, setelah itu klik OK. Lihat gambar di bawah:

effects propery bar

4. Setelah itu arahkan ikon Attributes Eyedropper tool tersebut ke teks "Motif" lalu Klik. Perhatikan tanda lingkaran merah di bawah ini:

ikon attributes eyedropper

5. Tekan tombol Shift (tahan), maka akan muncul ikon Paint Bucket tool, arahkan ikon tersebut ke teks "Web" lalu Klik. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini. Perhatikan tanda lingkaran merah pada gambar di bawah ini:
ikon paint bucket tool

Tidak hanya pada teks, anda juga dapat menggunakan Attributes Eyedropper tool pada objek atau bidang lainnya...