Ellipse Tool di CorelDRAW

Ellipse Tool di CorelDRAW motif web
Untuk melengkapi Tutorial CorelDRAW Dasar yang ada pada link tersebut, pada postingan ini saya ingin menuliskan tentang cara penggunaan Ellipse tool yang ada pada CorelDRAW.

Ellipse tool adalah sebuah alat yang terletak pada Toolbox CorelDRAW, tepatnya di bawah Rectangle tool. Ellipse tool berfungsi untuk membuat desain dengan bentuk bidang dasar lingkaran ataupun oval. Tidak hanya itu, dengan Ellipse tool kita juga dapat membuat objek seperti bentuk Pie dan Arc.

Bagaimana Cara Menggunakan Ellipse Tool di CorelDRAW?

1. Pada Toolbox pilih Ellipse Tool (Shortcut Key F7).
Ellipse Tool CorelDRAW (F7)

2. Untuk membuat Oval ataupun bentuk lingkaran yang sesuai dengan keinginan anda sendiri, lakukan Click dan Drag pada lembar kerja CorelDRAW.
bentuk oval

  • Untuk membuat lingkaran yang terlihat sempurna atau proporsional, pastikan ketika membuat lingkaran sambil menekan tombol Ctrl (tahan) pada Keyboard lalu Click dan Drag pada lembar kerja CorelDRAW.
    lingkaran sempurna proporsional

Membuat Bentuk Pie dan Arc:

Pilih Ellipse Tool (F7) pada Toolbox, lalu pada Property Bar maka akan muncul ikon dari bentuk Ellipse, Pie dan Arc. Klik salah satu ikon tersebut, lalu Click dan Drag (sambil menekan Ctrl jika ingin bentuk proporsional) pada lembar kerja CorelDRAW. Perhatikan gambar di bawah ini:
Ellipse, pie, dan arc

Selanjutnya, baca: Cara Menggunakan Transparency tool di CorelDRAW