Membuat Simbol Jenis Kelamin di Adobe Illustrator

Simbol Jenis Kelamin di Adobe illustrator
Membuat simbol gender/jenis kelamin di illustrator sebenarnya sangat mudah apabila sudah menguasai teknik dasarnya. Simbol ini dibuat dengan menggunakan bentuk dasar Lingkaran dan Persegi panjang.

Simbol Gender (jenis kelamin) digunakan untuk menunjukkan jenis kelamin. Baca penjelasan lebih lengkap di Wikipedia.




Membuat Simbol Wanita:

1. Buatlah lingkaran berwarna Pink terlebih dahulu menggunakan Ellipse Tool (L), pastikan sambil menekan tombol Shift agar lingkaran tersebut sempurna. Setelah itu buat lagi lingkaran kecil di dalamnya agar lingkaran kecil tersebut tepat berada di tengah-tengah lingkaran besarnya, seleksi/blok kedua objek lingkaran tersebut lalu pada Menu Bar pilih Window > Align (Shift + F7) kemudian klik Horizontal Align Center dan Vertical Align Center.

Selanjutnya seleksi lagi kedua objek tersebut lalu pada Menu Bar pilih Window > Pathfinder (Shift + Ctrl + F9) setelah itu klik Exclude. Perhatikan gambar berikut:

wanita ellipse tool


2. Buatlah persegi panjang menggunakan Rectangle Tool (M) lalu buat lagi persegi panjang yang lebih kecil dari sebelumnya, posisikan kedua persegi panjang tersebut seperti salib terbalik kemudian seleksi kedua objek tersebut dan klik Horizontal Align Center. Seleksi kedua objek tersebut, klik kanan pilih Group (Ctrl+G).

Selanjutnya tempatkan kedua persegi panjang tersebut tepat di bawah lingkaran yang telah dibuat, kemudian seleksi ketiga objek tersebut (Ctrl+A) lalu klik Horizontal Align Center. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:

wanita


Membuat Simbol Pria:

1. Copy-Paste simbol wanita yang telah dibuat, lalu hapus persegi panjang yang kecil setelah itu buatlah 2 persegi panjang kecil dan posisikan seperti huruf L, kemudian klik kanan pilih Group (Ctrl+G). Putar objek tersebut sambil menekan tombol Shift pada keyboard sehingga terlihat seperti huruf V. Setelah itu gabungkan dan beri warna biru. Perhatikan gambar di bawah ini:

pria

2. Putar simbol pria tersebut sambil menekan tombol Shift, seperti pada gambar di bawah ini:
wanita dan pria


Membuat Efek 3D Pada Simbol Jenis Kelamin (Wanita dan Pria):

1. Pastikan simbol wanita sudah di Group, setelah itu pada Menu Bar klik Effect > 3D > Bevel Extrude. Maka akan muncul kotak dialog, aturlah seperti pada gambar di bawah ini. Klik Preview untuk melihat perubahan. Lalu klik OK.

simbol wanita 3d


3. Pastikan simbol pria sudah di Group, setelah itu pada Menu Bar klik Effect > 3D > Bevel Extrude. Aturlah seperti pada gambar di bawah ini. Klik Preview untuk melihat perubahan. OK.

simbol pria 3d


Hasil akhirnya akan seperti pada gambar berikut:

Simbol Jenis kelamin wanita dan pria 3d
Selamat Belajar Adobe Illustrator dan Berkarya :)