Membuat Huruf Awal Menonjol (Drop Cap) di InDesign

Cara Membuat Huruf Awal Menonjol (Drop Cap) di InDesign
Sebelumnya saya juga pernah memposting tutorial dasar tentang bagaimana cara Export file InDesign ke Format Gambar JPEG.

Pada postingan ini saya juga ingin membagikan lagi tutorial dasar Adobe InDesign tentang bagaimana cara membuat huruf besar/menonjol (Drop Cap) pada paragraf pertama.

Ketika sedang membaca koran, majalah, ataupun surat kabar lainnya, kita pasti pernah melihat huruf yang berukuran sangat besar di awal paragraf . Huruf pertama yang lebih besar dari yang lainnya tersebut bertujuan untuk menonjolkan agar menarik perhatian pembacanya...

Bagaimana Cara Membuat Huruf Besar/Menonjol di Awal Paragraf (Drop Cap) dengan Menggunakan Adobe InDesign?

1). Langkah pertama yaitu klik Type Tool (T) pada toolbox dan buatlah area seleksi pada lembar kerja Adobe InDesign, setelah itu buatlah text yang ingin di buat Drop Cap atau menonjol di huruf pertama dalam paragraf.

Type Tool di InDesign

2). Gunakan Type Tool tersebut dan klik pada huruf pertama dalam paragraf.

3). Kemudian pilih Paragraph di panel bar yang berada di sebelah kanan. Jika tidak ada, untuk memunculkannya yaitu pada menu bar pilih Windows > Type & Tables > Paragraph atau bisa juga menggunakan shortcut Alt+Ctrl+T.

4). Kemudian atur dan sesuaikan dengan keinginan anda pada bagian yang saya tandai pada gambar di bawah ini.
  1. Drop Cap Number of Lines: untuk mengatur ukuran besar/kecilnya huruf atau mengatur jumlah baris yang dipakai untuk Drop Cap itu sendiri.
  2. Drop Cap One or More Characters: untuk mengatur jumlah huruf atau karakter pada paragraf pertama yang ingin di Drop Cap.
Paragraph panel bar di InDesign

5). Jika anda mengikuti pengaturan huruf Drop Cap seperti pada gambar di atas, maka kurang lebih hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini:

Huruf Awal Besar (Drop Cap) di Adobe InDesign

(Baca juga tutorial indesign dasar menarik lainnya: Cara Memasukkan Foto/Gambar ke dalam Adobe InDesign).