Trik Copy Paste Object Dengan Cepat di CorelDRAW

Trik Copy Paste Object Dengan Cepat di CorelDRAW
Pada tutorial ini saya ingin menuliskan tutorial cara mencopy dan paste objek atau duplikasi dengan cepat menggunakan CorelDRAW. Penyalinan objek dengan cepat tentu membantu kita mempercepat pengerjaan projek desain yang membutuhkan banyak duplikasi objek.

Duplikasi atau Copy-Paste objek terdapat kurang lebih 8 cara, dari yang lama sampai yang tercepat.



Cara Copy-Paste atau Duplikasi Yang Biasa Dilakukan:
  • Klik objek, lalu pada menu bar pilih Edit > Copy. Kemudian pada menu bar pilih Edit > Paste.
  • Klik kanan pada objek lalu pilih Copy, klik kanan lagi dan klik Paste.
  • Klik objek lalu tekan (Ctrl+C) dan (Ctrl+V).
  • Klik objek pada menu bar pilih Edit > Clone.
(Baca juga: Cara Membuat Logo Adidas Originals di CorelDRAW).

Bagaimana Cara Menyalin Objek Dengan Cepat di CorelDRAW?

1. Cara yang pertama ini sering saya gunakan dalam pengerjaan projek desain, karena hanya dengan melakukan Klik Drag (tahan), klik kanan.. dan lepaskan keduanya (kiri & kanan). Lihat gambar di bawah ini:

copy paste cepat

2. Cara yang ke-2 ini hampir sama dengan cara penyalinan objek (Ctrl+C+V) atau biasa disebut Duplicate in Place, namun dengan cara ini anda hanya menekan 1 tombol saja yaitu + yang terletak pada Numpad di sebelah kanan bagian keyboard.

copy paste in place

3. Penyalinan objek cara ke-3 ini dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan rapih (jarak antar objek sama). Caranya yaitu dengan melakukan dahulu 1 kali copy-paste dan atur jaraknya, kemudian tekan Ctrl+D pada keyboard, maka objek akan tersalin dengan cepat dan rapih.

copy paste rapih

4. Cara yang terakhir ini juga merupakan cara tercepat, karena hanya dengan melakukan Klik Drag pada objek lalu tekan tombol Space pada keyboard.

duplikasi objek di coreldraw

Itulah beberapa cara meng-copy object dengan cepat menggunakan coreldraw. (Selanjutnya, silakan baca: Daftar Lengkap Keyboard Shortcuts di CorelDRAW).