Cara Render Video di Camtasia Studio

Cara Render Video di Camtasia Studio
Pada postingan ini saya ingin membahas tentang fitur Render Video yang ada pada Camtasia. Render video biasanya dilakukan ketika video sudah selesai di edit.

Rendering Video adalah proses penggabungan video, audio, teks, efek, dan lain sebagainya dalam sebuah file video editing sehinggga nantinya akan menjadi sebuah format file video yang dapat diputar dengan menggunakan software pemutar video.


Bagaimana Cara Merender Video pada Camtasia?

1. Pada menu bar Klik File > Produce and share atau menggunakan tombol shortcut Ctrl+P.
produce and share

2. Maka akan muncul kotak dialog "Camtasia Studio Production Wizard". Klik kotak segitiga ke bawah, lalu pilih resolusi video yang anda inginkan. Lihat pada gambar di bawah ini:

camtasia production wizard

3. Setelah anda memilih resolusi video, di bawahnya anda akan mendapatkan keterangan mengenai dimensi awal video yang anda pilih ketika memasukkan video ke timeline, format video asli anda, dan deskripsi resolusi video yang anda pilih. Klik Next.

production wizard

4. Pada Poduction name berilah nama file video anda, dan di bawahnya klik ikon folder lalu pilih tempat penyimpanan file video anda. Lanjutkan klik Finish.

save video file

5. Tunggu sampai proses Rendering Video selesai, nantinya video akan terbuka dan memutar secara otomatis...

rendering project

Jika anda ingin menyimpan file Camtasia Studio Project (*.camproj), pada menu bar klik File > Save Project (Ctrl+S), pilih tempat penyimpanan file tersebut setelah itu klik Save. Selanjutnya, baca juga Menghilangkan Suara Secara Perlahan dengan Camtasia Studio.