Cara Menambahkan Suara ke dalam Video dengan Camtasia

Menambahkan Suara ke dalam Video di Camtasia
Masih dengan Tutorial Camtasia Studio, pada tutorial ini saya ingin menuliskan tentang cara mengedit video dan audio dengan menambahkan suara ataupun mengganti suara pada sebuah video.

Sebenarnya banyak sekali software yang dapat menambahkan suara ke video, tapi menurut saya sejak saya berkenalan dengan Camtasia Studio, software ini paling mudah!



Bagaimana Cara Menggabungkan dengan Memasukkan Audio (Suara/Musik/lagu) ke Video di Camtasia Studio?

1. Langkah pertama yaitu bukalah software Camtasia yang anda miliki.

2. Klik Import Media > Cari video yang ditambahkan audio atau suaranya > Open.
import media audio video camtasia

3. Lakukan langkah yang sama seperti pada point nomor 2 untuk memasukkan Audio (Suara ataupun musik) dengan format wav, mp3, & wma.

4. Maka Video dan Audio anda telah masuk ke dalam Clip Bin. Sekarang klik kanan pada Video tersebut lalu pilih Add to Timeline at Playhead. Lakukan langkah yang sama untuk memasukkan Audionya.
audio dan video di clip bin

5. Kini Video dan Musik anda telah masuk ke dalam Timeline. Pastikan video sudah dihilangkan suaranya atau bisa juga dinaikkan volume suaranya dan menjadikan suara musik sebagai Backsound, hal ini dilakukan agar Suara Video dan Suara Audio tidak bertabrakan.
video dan musik di timeline camtasia

6. Jika ternyata durasi Video lebih lama dibandingkan Audio seperti pada gambar pada nomor 5, maka yang terjadi adalah ketika durasi musik sudah habis yang berjalan hanyalah video tanpa suara. Cara mengatasinya adalah dengan menambahkan lagi musik yang anda punya.

Jika ternyata Audio yang ke-2 melebihi durasi Video, anda tinggal menarik bagian belakangnya sampai durasi Audio dan Video sama. Perhatikan lingkaran kuning yang sudah ditandai di bawah:
video dan audio digabungkan

Akibat memendekkan durasi audio yang ke-2 yang terjadi adalah musik menjadi terpotong tidak sampai habis, untuk menyiasatinya yaitu dengan menurunkan volume suara secara perlahan ketika durasi video ingin selesai.

Klik tombol Play atau dengan menekan Space pada keyboard untuk melihat hasil video yang telah di edit.
Jika sudah klik File > Produce and share (Ctrl+P), maka akan muncul Production Wizard, tentukan kualitas video yang anda inginkan lalu klik Next > Beri nama file dan tentukan tempat penyimpanan videonya, klik Finish. Tunggu sampai proses Rendering Video selesai.